Pengenalan multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia
juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia
pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai
media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di
dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Multimedia adalah tren masa depan.
Perkembangan IT tidak pernah berhenti mengikuti jaman, memaksa kita
untuk selalu meng-up date kemampuan akan pemahaman terhadap tehnologi
baru tersebut.
Multimedia, berarti media dengan banyak
ragam. Perkembangan dalam dunia busines atau pun entertainment tidak
bisa lepas dari multimedia.
Perkembangan yang selalu maju dan terbaharui
terus telah menciptakan peluang baru dalam bisnis multimedia. Orang
tidak akan selalu membeli perkembangan jaman, bagaimana bisa barang yang
kita bisa beli hari ini , 30 hari kemudian muncul seri yang lebih
canggih dan memaksa kita untuk melepas yang lama dan membeli yang baru.
Berdasarkan hal tersebut,munculah peluang
business baru rental. Dengan rental, kita selalu dapat mengikuti
perkembangan jaman dan tehnologi, dengan cara membagi biaya
perkembangan jaman ke banyak orang.
Multimedia services, sebuah jasa akan
penyediaan kebutuhan orang akan banyak media. Jasa adalah sebuah
definisi yang sangat luas untuk sebuah usaha kerja, dimana kita dapat
benar-benar melakukan pekerjaan itu dengan segala peralatan pendukung
ataupun hanya menyediakan peralatan pendukungnya.
Penyediaan jasa multimedia, selanjutnya kita sebut saja multimedia dapat meliputi :
1. Media rekam, yang lebih sering dikenal dengan video shooting / multikamera
2. Media tayang hardware, giant screen , projektor plasma, LCD TV, LED
3. Media internet, jasa layanan dunia maya
4. Media tayang software, pembuatan software,website dan animasi
5. Dll
Dari jasa multimedia diatas masih dapat kita
kembangkan dengan melakukan pekerjaan paket pengerjaan secara total,
yang meliputi penyewaan alat dan konten ( animasi, pengambilan gambar
dll)
Aspek-aspek Pendorong Perkembangan Multimedia
Dari hari kehari perkembangan multimedia
semakin maju, hal ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan
akan multimedia. Semakin banyaknya software yang bermuculan untuk
membuat aplikasi berbasis multimedia ini. Dan juga beraneka ragam
kebutuhan akan informasi. Aspek yang merupakan pendorong perkembangan
multimedia diantaranya adalah hoby, telekomunikasi, consummer
electronic, TV, movie, broadcasting industry, publishing house dll.
Sistem Multimedia sendiri mempunyai karakteristik “ Must be Computer
Controlled, Integrated (Text, Animation, Audio, Video), Represented
Digitally dan Interface to user may permit interactivity “.
Menikmati Multimedia dan Mengakses Televisi Internet
KEMAJUAN multimedia ternyata telah
menghadirkan berbagai fenomena menarik, memanfaatkan kemajuan dan
kemudahan penggunaan protokol internet untuk berbagai macam keperluan.
Dari banyak perkembangan, audio dan video menjadi inti penting dalam
memanfaatkan protokol internet.
Perkembangan pesat jejaring internet dalam
dua tahun terakhir ini memungkinkan siapa saja di mana saja untuk
menikmati audio dan video, baik melalui sistem langganan maupun membeli
seperti yang ditawarkan produk jasa layanan musik online buatan Apple
atau menelusuri seluruh situs dunia untuk memperolehnya secara gratis.
Fenomena ini muncul bersamaan dengan
meluasnya prinsip jejaring sosial ketika orang- orang berinteraksi dan
mengaktualisasikan diri memanfaatkan berbagai produk teknologi
komunikasi informasi, mulai dari ponsel, iPod, dan video cam, yang
sekarang lebih terjangkau.
Ketika dua raksasa produsen kamera digital
Canon dan Nikon mengumumkan produk terbarunya dengan kemampuan untuk
merekam video dalam format definisi tinggi (high-definition/HD),
terbukti bahwa kedua perusahaan raksasa ini tidak hanya mencoba
mengeksploitasi kemampuan teknologi, tetapi juga mencari peluang penting
di tengah perkembangan pesat jejaring digital yang menjadi sebuah
komunitas orang di dunia tanpa bentuk.
Artinya, baik kemajuan teknologi seperti
prosesor yang semakin cepat, penyimpanan digital yang semakin murah dan
memiliki kapasitas besar walaupun berukuran kecil, telah mendorong
berbagai aktivitas yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Di China dan
India, misalnya, aktivitas paling populer yang dilakukan menggunakan
ponsel dengan fitur teknologi 3G adalah menonton sinetron 30 detik.
Setiap hari orang-orang berlangganan ke
penyedia jasa layanan sinetron 30 detik ini untuk disaksikan melalui
ponsel dan dinikmati sebagai rutinitas sehari-hari untuk menghilangkan
kebosanan di tengah perjalanan menuju atau kembali dari tempat kerja.
Konsep menonton sekarang menjadi berubah, tidak lagi dalam ruang, tetapi
dibawa ke luar ruang dan dimanfaatkan sesuai dengan selera konsumen.
Kehadiran YouTube, misalnya, adalah fenomena
menarik yang menjadi perhatian semua orang. Apa saja ada di dalam
layanan YouTube ini, mulai dari film seri yang tidak pernah ditayangkan
di televisi lokal, sampai aktualisasi seseorang melakukan aktivitasnya
sehari-hari bisa dilihat secara jelas, tajam, dan bersuara. Selamat
datang di dunia aktualisasi adalah pesan yang ingin disampaikan oleh
layanan, seperti YouTube atau layanan lain yang menyediakan tempat untuk
foto digital maupun situs-situs blog berisi pengalaman maupun pendapat
pribadi.
Koleksi multimedia
Di tengah pesatnya kemajuan multimedia
seperti ini, persoalan yang muncul adalah bagaimana menyimpan dan
menikmatinya secara bersamaan, misalnya dengan keluarga. Karena menonton
sinetron 30 detik di ponsel jelas adalah aktivitas yang hanya bisa
dinikmati sendiri dan tidak bisa berbagi dengan orang lain karena
limitasi monitor yang kecil untuk bisa ditonton secara ramai-ramai.
Banyak orang condong menyimpan berbagai
koleksi multimedia untuk bisa dinikmati dalam waktu tertentu atau
berbagi menikmatinya bersama keluarga di rumah. Apalagi, kalau akses
jaringan internet di Indonesia tidak senikmat seperti yang ditawarkan
negara tetangga dengan kecepatan tinggi dan terjangkau untuk kantong
kebanyakan orang.
Di negara dengan akses broadband yang tidak
terbatas, menyimpan file multimedia dalam jumlah besar tidak dilakukan
karena bisa langsung diakses di jaringan internet. Artinya, orang yang
ingin menyaksikan film sekuel Terminator: Sarah Connor Chronicles dalam
format definisi tinggi tidak perlu susah-susah men-download terlebih
dahulu, tetapi langsung dinikmati di sistem jejaring internet.
Mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk
menikmati sistem jejaring kecepatan tinggi mungkin harus mencari cara
lain untuk bisa menikmati hiburan multimedia. Perusahaan asal Perancis,
Archos, yang selama ini dikenal dengan perangkat musik dan media video
untuk bisa dinikmati di mana saja menghadirkan produk yang disebut
Archos TV+.
Konsep Archos TV+ sebenarnya lebih maju
ketimbang Apple TV yang sedang mencari peluang untuk menjadi terobosan
penting dalam perkembangan multimedia. Produk TV+ sebenarnya merupakan
refleksi yang selama ini dikembangkan oleh Archos dengan menghadirkan
gagasan untuk mengalirkan media digital dan perekam video pribadi.
Produk Archos TV+ mencoba mengaktualisasikan
berbagai kemajuan hiburan dalam melakukan kovergensi digital, sekaligus
menjadikan televisi sebagai layanan untuk disimpan sebagai medium
digital untuk bisa dinikmati secara bersama-sama. Orang-orang Perancis
menyebut TV+ ini sebagai, enregistrez, streamez, visionnez, transférez
atau rekam, alirkan, melihat, dan mentransfer.
Archos TV+ dengan kapasitas hard disk
sebesar 250 GB adalah produk campuran multimedia yang inovatif.
Perangkat ini mampu merekam dan memainkan kembali tayangan televisi,
menjadi media stream dari komputer ke televisi menggunakan jaringan
nirkabel, men-download dan menonton video dari jejaring internet,
menjadi sentra penyimpanan untuk dipindahkan ke perangkat multimedia
protabel, seperti iPod, serta menjadi alternatif untuk mengakses
internet menggunakan perangkat televisi.
Televisi internet
Produk Archos TV+ mudah dikendalikan dengan
papan ketik QWERTY yang mudah digunakan untuk mengakses internet atau
mencari file multimedia di dalam hard disk penyimpannya. Walaupun
kemampuan tayangannya belum memiliki resolusi definisi tinggi (HD) yang
sekarang menjadi tren penting kemajuan televisi, TV+ memiliki koneksi
menggunakan S-Video, SPDIF Out, serta koneksi YpbPr video In dan Out
untuk menghasilkan tayangan yang berkualitas.
Penggunaannya pun sederhana dan mudah
dilakukan siapa saja. Cukup menghubungkan TV+ ke perangkat teve, akan
muncul panduan untuk melakukan penyiapan untuk mengakses penyimpan
digital di dalamnya (tersedia juga dalam kapasitas 80 GB) serta akses ke
internet. Koneksi ini bisa menggunakan jaringan kabel LAN atau
menggunakan akses nirkabel dan menggunakan aplikasi browser Opera untuk
mengakses jaringan internet.
Yang menyenangkan dari Archos TV+ ini adalah
rongga USB (universal serial bus) memungkinkan secara mudah untuk
menyimpan dan mengambil berbagai data multimedia di dalamnya. Dengan
cara ini, berbagai hiburan multimedia, baik video maupun audio, bisa
diperoleh di mana saja dan dinikmati ketika kembali dari kantor yang
biasanya memiliki koneksi jaringan internet yang lebih cepat
dibandingkan Speedy di rumah.
Archos TV+ mungkin berhasil untuk
mengembangkan central multimedia box, perangkat yang menyimpan berbagai
hiburan multimedia. Ditambah dengan kendali jarak jauh (remote control)
dengan papan ketik QWERTY, mereka yang memiliki koneksi jaringan
internet di rumah bisa menikmatinya juga melalui perangkat teve, sesuatu
yang sebenarnya sudah lama ingin diintegrasikan menjadi akses jaringan
digital tanpa menggunakan komputer.
Archos TV+ adalah produk awal yang memang
masih banyak yang harus disediakan untuk bisa memanjakan konsumen,
termasuk tayangan definisi tinggi, serta aplikasi plug-in tambahan,
seperti MPEG-2 dan QuickTime yang dijual secara terpisah dan bisa
di-download melalui jaringan internet.
Namun, kemampuan remote control untuk
terintegrasi dengan kendali jarak jauh yang sekarang menumpuk di rumah-
rumah untuk televisi, pemutar video, pemutar DVD, dan sebagainya menjadi
tawaran menarik untuk mengendalikan berbagai perangkat konsumen
elektronik dalam satu kendali saja.
Perkembangan multimedia di indonesia
Meskipun di Indonesia
layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi terminology mengenai
multimedia sendiri masih sempit di dalam benak masyarakat Indonesia.
Teknologi multimedia selalu diasosiasikan dengan Personal Computer (PC).
Padahal pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan
keterpaduan teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi
komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau
dipisahkan berdasarkan etimologi kata, multimedia terdiri dari kata
multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana
penyampaian informasi. Jika sebuah PC disebut multimedia, maka PC
tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan suara,
misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat
berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem.
Di Indonesia,
perkembangan multimedia tidak lagi hanya di bidang bisnis tetapi juga
dikembangkan dibidang pendidikan, politik, jurnalistik, dll. Hampir
setiap sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki
ruang multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses
pembelajaran dan melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Di
bidang politik, para pejabat juga memanfaatkan teknologi teleconference
sebagai diplomasi jarak jauh.
File-file grafis
File-file gratis merupakan file-file
yang banyak disediakan oleh situs-situs untuk mendownload sebuah file
baik itu dengan format doc,pdf,ppt,rar,dll tanpa persyaratan apapun.
Contoh situsnya adalah http://f4iqun.wordpress.com/2007/04/29/download-gratis-di-halaman-unduh-file/ merupakan situs blog dari indonesia yang menyediakan file-file gratis untuk para pengunjung site tersebut,kemudian youtube.com merupakan situs download video terbesar didunia.
Contoh situsnya adalah http://f4iqun.wordpress.com/2007/04/29/download-gratis-di-halaman-unduh-file/ merupakan situs blog dari indonesia yang menyediakan file-file gratis untuk para pengunjung site tersebut,kemudian youtube.com merupakan situs download video terbesar didunia.
Secara umum, ada dua jenis file grafis, yaitu vektor dan bitmap. Menurut Norton (2006), grafis vector adalah
grafis yang dihasilkan melalui perhitungan matematis yang menentukan
komposisi warna, ketebalan, dan posisi. Jadi jika gambar dibesarkan
tidak akan terlihat kotak-kotak atau sering disebut ”pecahpecah”.
Biasanya file jenis ini bersifat incompatible yang artinya file
tidak bias dibuka di sembarang software grafis selain melalui software
pembuatnya, atau dengan terlebih dahulu dikonversi menjadi bitmap.
Contoh software vector adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, dan
Macromedia Freehand.
Sedangkan grafis bitmap adalah
grafis yang terbentuk dari kumpulan titiktitik atau pixel dalam
tampilan layar komputer, dan jika gambar diperbesar melebihi ukuran
normal, akan terlihat kotak-kotak/pixel-nya. Format file bitmap bersifat
compatible atau mampu dibuka di berbagai software grafis,
misalnya JPG, BMP, GIF, dan
PNG. Contoh software pengolah bitmap adalah Adobe Photoshop, Paint,
Gertrudis, Microsoft Paint, Artrage, dan sebagainya.
Dari
penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa dasar pemilihan
software vektor atau bitmap terutama ditentukan oleh tujuan atau output
yang diinginkan. Software vektor cenderung digunakan untuk keperluan
cetak/printing besar, atau output dengan ukuran yang fleksibel yang
setiap saat dapat diperkecil atau diperbesar dengan kualitas grafis yang
tetap sama.
Sedangkan
bitmap digunakan ketika Anda hanya ingin menghasilkan output untuk
tampilan di layar monitor, cetak print PC atau cetak foto saja, karena
perbesaran resolusi bitmap akan memperburuk kualitas warna gambar. Namun
pada prakteknya, tak jarang desainer tetap menggunakan bitmap untuk
keperluan percetakan besar dengan kualitas file yang besar pula
(biasanya resolusi minimal adalah 300 pixel per-inch dengan ukuran objek
aktual). Hal ini mungkin dilakukan karena keterbatasan fitur dan
variasi efek pada software vektor.
Konsep grafis
-
Komunikatif. Berhubungan dengan corporate identity, isi pesan serta audiens. Desain web untuk media berita seperti koran tidak sama dengan desain web untuk site yang menampilkan karya seni. Web yang ditujukan untuk anak muda tidak sama dengan web yang ditujukan untuk orang dewasa atau organisasi. Contohnya anak-anak akan sulit membaca teks dengan variasi font yang banyak. Semua elemen yang ditempatkan pada halaman web mempunyai makna tidak hanya sekedar pengisi ruangan
-
Estetis. Desain web yang tidak memperhatikan keindahan biasanya jarang dikunjungi oleh pengguna, karena pengguna hanya mengunjungi web tersebut sekali saja. Walaupun demikian terdapat desain yang tidak memerlukan keindahan dengan alasan tertentu, misalnya nama sudah terkenal sehingga apapun interfacenya tidak akan mempengaruhi audiens. Keindahan tampilan web akan selalu diingat audiens.
- Ekonomis. Desain web harus memperhatikan faktor ekonomis dalam arti ukuran file yang digunakan. Semakin berat ukuran sebuah web, maka akan semakin lambat proses loading pada saat audiens mengakses web tersebut. File animasi yang biasa memiliki ukuran file berat, meskipun secara estetis memeuhi selera, tetapi jika mengakibatkan pengunjung menunggu lama, maka web tersebut akan ditinggalkan.
Komentar